Cara Memakai Masker Kain Yang Benar Supaya Tidak Jerawatan

Untuk mengatasi penularan virus penyakit ditengah pandemi virus corona, masker sudah menjadi atribut wajib yang harus kamu kenakan. Tentu saja masker kain lebih dianjurkan diapakai karena selain lebih murah dan efisien, masker kain juga dapat kamu gunakan berulang kali.

Sayangnya, saat ini masih banyak orang yang enggan memakai masker saat bepergian. Mereka menganggap masker kain dapat membuat wajah terasa lebih lembab, berminyak dan berpotensi menimbulkan jerawat.

Padahal jika kamu tahu cara memakai masker yang benar serta bagaimana mencucinya dengan benar, tentu masalah jerawat tidak akan terjadi. Untuk itu simak tips berikut:

Cara Memakai Masker Yang Benar

1. Gunakan Masker Kain Yang Steril / Bersih

Mneggunakan Masker Kain

Kesalahan fatal banyak orang adalah langsung memakai masker kain setelah membelinya. Padahal, sebaiknya kamu mencuci masker kain kamu terlebih dahulu sebelum kamu memakainya.

Hal ini karena kita tidak tahu seperti apa proses pembuatan masker kain tersebut, karena bisa saja masker kain yang kamu beli telah terkontaminasi sebelumnya. Apalagi jika kamu membuat masker kain secara custom melalui vendor konveksi masker kain.

Bakteri yang dibiarkan begitu saja dapat menempel pada masker. Sehingga ketika kamu pakai bakteri tersebut berpindah ke kulit wajah kamu. Apalagi, kalau kulit wajah kamu kondisinya lembab dan berkeringat, bakteri yang ada dapat memicu terjadinya jerawat terutama untuk kamu yang memiliki kulit sensitif.

2. Pakai Masker Kain Sesuai Ukuran Wajah

Sebisa mungkin hindari memilih masker karena trend ataupun karena bentuknya yang menarik saja. Tapi pastikan juga masker kain yang kamu gunakan mampu melindungi wajah kamu dari debu dan virus dari luar.

Pilihlah masker kain yang sesuai dengan bentuk wajah kamuagar dapat menutupi mulut, hidung dan dagu secara sempurna.

masker yang tidak terlalu besar atau kecil akan membuatmu lebih nyaman dalam bernafas sekaligus dapat mencegah timbulnya jerawat.

Jika masker yang kamu pakai terlalu kecil / sempit maka pori pori kamu bakalan lebih gambang tersumbat sehingga dapat menimbulkan jerawat dan komedo. Masker yang yang terlalu longgar juga tidak baik, karena debu dapat lebih gampang masuk sehingga dapat menimbulkan jerawat.

3. Cuci Tangan Sebelum Memakai Masker

Cara memakai masker yang benar selanjutnya yang jarang diperhatikan adalah dengan mencuci tangan. Karena tangan kamu yang tidak higienis bisa saja sudah terkontaminasi virus dan bakteri.

Jadi sebaiknya, sebelum gunakan masker biasakan untuk mencuci tangan kamu terlebih dahulu. pastikan juga pengait yang diselipkan pada telinga cukup kuat digunakan agar tidak longgar atau mudah terlepas.

Untuk kamu yang berhijab, sebaiknya kamu memilih masker kain yang memiliki tali pengikat untuk memudahkan kamu mngatur tingkat kerapatannya.

4. Hindari Menyentuh Masker Saat Digunakan

Ini adalah kebiasaan buruk yang harus kamu hindari. jangan menyentuh masker selama digunakan untuk mencegah bakteri yang ada ditangan menempel pada masker kamu. Kalau kamu ingin membetulkan posisi masker sebaiknya cuci tanganmu terlebih dahulu, atau paling tidak gunakan hand sanitizer.

Bakteri yang berpindah dari tangan ke masker kamu, selain bisa memicu timbulnya jerawat juga beresiko menularkan virus.

5. Hindari Menggunakan Makeup Terlalu Tebal

Untuk kalian yang memiliki kegiatan di luar ruangan, Apalagi saat kamu diharuskan memaki masker dalam waktu lama, maka hindarilah menggunakan makeup yang terlalu tebal, contohnya seperti foundation dan concealer.

Tahukah kamu, saat menggunakan masker khususnya yang berbahan kain, permukaan kulit kamu bakalan lebih mudah lembab, rentan berkeringat dan pori-pori kamu cenderung lebih mudah bereaksi terhadap lingkungan sekitar seperti mudah terjadi penyumbatan atau malah pori pori gampang terbuka.

Tentu saja dengan menggunakan makeup yang terlalu tebal akan membuat pori pori kamu lebih gampang tersumbat. Apalagi makeup yang bercampur keringat dapat membuat munculnya jerawat dan bruntusan jika kamu biarkan begitu saja.

Kalaupun kamu harus pakai makeup, kami sarankan untuk menggunakan makeup yang ringan dan mampu menahan minyak seperti loose powder, misalnya.

6. Seringlah Mengganti Masker

Walaupun masker kain dapat berulang kali bukan berarti kamu bisa memakainya terus terusan. Usahakan kamu mencucinya setiap 1 - 2 hari sekali.

masker yang terlalu lama idpakai dapat menyebabkan penumpukkan bakteri dan kuman yang tidak bagus untuk kesehatan kulit wajah kamu. Sediakn juga masker cadangan untuk mengantisipasi masker yang kamu kenakan kotor.

7. Gunakan Makeup Matte Dan Bebas Minyak

Penyumbatan pori dapat terjadi karena produksi sebum atau minyak di kulit yang meningkat karena wajah yang lembab tertutup masker. Maka dari itu hindari menggunakan produk makeup atau skincare yang dapat memicu produksi minyak berlebih di wajah.

Hindari menggunakan makeup yang bersigfat oil-base atau dewy. Beralihlah pada produk makeup yang bebas minyak dengan hasil akhir mate. Sehingga membuatmu lebih nyaman tanpa khawatir makeup cepat luntur.

8. Bersihkan Wajah Sebelum Tidur

Setelah mengenakan masker dan makeup seharian, tentu saja wajah kamu akan terasa kotor dan kusam. Apalagi untuk kamu yang memiliki aktivitas padat diluar ruangan.

Lakukan double cleansing sebelum tidur untuk mencegah munculnya jerawat. Pertama bersihkan wajah menggunakan micellar water, cleansing oil atau tisu pembersih yang sesuai dengan jenis kulitmu. Kemudian cuci wajah menggunakan sabun, setelah itu gunakan toner, serum atau pelembab.

Double cleansing dapat membantu membersihkan pori pori kulit secara lebih mendalam dan menyeluruh, sehingga semua kotoran yang menyumbat dapat terangkat.

9. Cuci Masker Menggunakan Deterjen

Tips Mencuci Masker

Masker kain yang kita gunakan sebenarnya wajib dicuci setelah sekali pakai. menurut pakar idealnya masker kamu diganti setelah 4 jam pemakaian. Masker yang sudah terpakai sebaiknya ditaruh terpisah pada tempat terpisah untuk kemudian dicuci.

jangan sembarangan meletakkan masker kamu karena berisiko menyebarkan virus.

Cucilah masker kamu menggunakan deterjen secara menyeluruh alalu bilas samapai bersih. lalu keringkan dibawah terik matahari.

Akhir Kata…

Oke itu dia tadi beberapa tips memakai masker kain yang benar supaya tidak mudah jerawatan. Bagaimana, apakah kamu sudah menerapakan salah satu tips diatas? Atau malah tidak sama sekali? Apapun itu jangan lupa untuk tetap memakai masker ya guys!