Cara Merawat Kain Goni (Burlap) Yang Baik Dan Benar

Apa Itu Kain Goni (Burlap)?

Goni adalah jenis kain yang terbuat dari serat tanaman rami. Kain ini dikenal karena daya tahan, kekuatan, dan tampilannya yang vintage abis. Kain goni juga ramah lingkungan, karena tanaman rami dapat diperbarui dan dapat terurai secara alami. Tekstur goni yang besar dan sedikit kasar, menjadikannya pilihan populer untuk dekorasi rumah dan proyek kerajinan.

Sejarah Penggunaan Kain Goni

Tanaman rami merupakan tanaman asli dari Asia yang telah lama menjadi primadona dalam industri tekstil. Sejak jaman dahulu kala peradaban India dan Cina kuno mengandalkan kain yang ditenun dari serat rami untuk pakaian, perlengkapan rumah tangga, dan pekerjaan pertanian.

Di Eropa, Goni ditenun menjadi Burlap yang sering disebut juga dengan istilah kain Hessian. Kain ini biasanya digunakan untuk membungkus bal kapas serta membuat karung untuk mengangkut gandum, biji-bijian, dan buah-buahan. Dirumah-rumah pedesaan, goni berfungsi ganda sebagai tirai dan penutup kursi.

Tips Merawat Kain Goni

Meskipun kain goni sangat kuat, serbaguna dan multifungsi, kain ini rentan berjumbai dan rusak jika salah dalam hal perawatannya. Selain itu, kain goni juga dapat menyimpan bau dan noda yang membandel. Itulah sebabnya perlu perhatian khusus dalam merawat produk yang terbuat dari kain burlap / goni ini.

Untungnya, disini kami bakalan memberikan sedikit tips mudah bagaimana cara merawat kain goni yang baik dan benar agar senanatiasa awet.

1. Pencucian

Meskipun hampir tanpa perawatan, ada kalanya kain goni kamu perlu dicuci. Langkah pertama dalam membersihkan goni adalah dengan mencucinya menggunakan tangan.

Hindari menggunakan mesin cuci karena mesin dapat merusak serat dan membuat serat kain berjumbai. Jika kain goni terdapat noda kamu cukup mengusap permukaannya secara perlahan dengan kain lap yang dicelupkan ke dalam campuran cuka dan air hangat lalu bilas dengan air.

2. Penyimpanan

Sebelum menyimpan semua jenis kain goni, pastikan kamu sudah membersihkan dan mengeringkannya sepenuhnya. Kain goni harus disimpan pada lingkungan yang sejuk dan kering, karena goni mudah sekali menarik kelembapan dari udara dan mudah berjamur, bahkan di lingkungan yang kelembapannya sedikit sekalipun.

Jika kamu memiliki pakaian yang terbuat dari bahan goni, pastikan untuk tidak melipatnya, karena dapat membentuk bekas lipatan yang susah untuk dihilangkan. Solusinya kamu bisa menggulung pakaian goni atau menggantungnya.

Hindari juga menyimpan kain goni di bawah sinar matahari langsung, karena akan membuat warna serat memudar, kering dan rapuh.

3. Bagaimana Cara Menghilangkan Bau Dari kain Goni?

Untuk mengatasi bau, letakkan goni di luar ruangan dan taburi dengan soda kue, balikkan dan tambahkan lagi soda kue setelah beberapa jam. Untuk bau yang lebih membandel, letakkan kain goni di bawah sinar matahari dan semprot dengan cuka atau air perasan lemon.

Asam yang terkandung dalam perasan lemon dan cuka dapat menghilangkan bau tanpa merusak kain. Bilas kain goni dan jemur di luar ruangan hingga agar cepat kering dan tidak berjamur. Dengan sedikit usaha, kamu akan dapat menghilangkan bau tidak sedap dari kain goni Anda.

Nah, itu dia beberapa tips cara merawat kain goni (burlap) yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Semoga bermanfaat!