Cara Menyetrika Kain Organza Yang Benar

Organza adalah kain yang halus dan berkilau sehingga menjadi pilihan favorit untuk pembuatan pakaian pengantin, item dekorasi rumah seperti seprai dan taplak meja. Walaupun begitu, seperti halnya dengan kain halus lainnya, kain organza rentan terhadap kerutan.

Penyimpanan serta pengemasan yang salah juga terkadang bisa menyebabkan kerutan dan lipatan yang membuat pakaian terlihat kurang menarik.

Perawatan dan pemeliharaan kain organza dapat bervariasi tergantung pada kandungan seratnya, jadi penting untuk mengetahui jenis serat apa yang dipakai pada pakaian kamu.

Bisakah Kita Menyetrika Kain Organza?

Ya, kamu bisa menyetrika kain organza, trutama yang terbuat dari sutra. Namun, berhati-hatilah saat akan menyetrika organza sutra! Pastikan permukaan setrika benar benar bersih dan bebas noda untuk mencegah noda pada setrika menempel pada baju berbahan organza kamu.

Idealnya, kamu bisa menggunakan setrika uap untuk menghilangkan kerutan pada baju kamu. Untuk menghindari kerusakan pada kain, sebaiknya jangan terlalu lama meletakkan setrika pada satu permukaan yang sama.

Cara Menyetrika Kain Organza

Menyetrika Kain Organza Dengan Setrika Uap

Steam atau setrika uap adalah cara yang lembut dan efektif untuk menghilangkan kerutan dari organza. Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk melakukannya:

Langkah 1:

Mulailah dengan menyiapkan area yang sesuai untuk menyetrika uap kain organza kamu. Menggantungnya di atas gantungan baju lebih baik karena meminimalkan risiko kusut lebih lanjut. Hindari membentangkannya di atas papan setrika atau menggunakan gantungan kawat, karena permukaan ini dapat memperparah kerutan. Jika label perawatan merekomendasikan untuk tidak menyetrika atau menggunakan setrika dengan suhu rendah, strika uap adalah alternatif yang sangat baik.

Langkah 2:

Sebelum mulai penguapan, isilah tutup air atau gelas ukuran untuk setrika uap sesuai dengan instruksi dari pabriknya. Ikuti petunjuk dalam memanaskan setrika uap, berhati-hatilah untuk tidak menekan tombol pelepas uap selama proses menyetrika.

Hal ini akan mencegah tetesan air memercik ke kain organza Anda, yang khususnya penting apabila berurusan dengan organza sutra yang halus.

Langkah 3:

Pegang setrika uap sekitar 6 hingga 8 inci dari kain organza. Lepaskan uap seperti yang diinstruksikan, dengan gerakan naik-turun di atas area yang kusut. Uap akan bekerja dengan mengendurkan serat kain dan secara bertahap mengurangi kerutan.

Langkah 4:

Ulangi gerakan naik-turun dari sisi-ke-sisi dengan mengarah pada setrika uap sampai kerutan menjadi kurang terlihat dan mulai berkurang. Bersabarlah, karena proses ini mungkin memerlukan waktu, tapi ini sepadan dengan hasilnya yang membuat kain organza kamu jadi lebih halus dan lembut.

2. Menyetrika Kain Organza Menggunakan Setrika Biasa

Walaupun setrika uap adalah metode yang sangat dianjurkan dan efektif dalam menghilangkan kerutan pada kain organza, beberapa situasi mungkin memerlukan pendekatan yang berbeda. Misalnya saja, saat kamu perlu menekan jahitan atau membuat lipatan yang tajam. Dalam kasus seperti itu, menyetrika menggunakan setrika biasa adalah metode yang lebih dianjurkan

Langkah 1:

Pastikan untuk mengatur suhu setrika ke pengaturan panas sesuai dengan yang direkomendasikan oleh produsen. Misalnya, jika kamu menggunakan organza sutra, pilihlah pengaturan sutra, yang umumnya menggunakan panas rendah hingga hangat.

Selalu periksa label perawatan untuk mendapatkan panduan yang tepat dalam menyetrika baju organza kamu.

Langkah 2:

Letakkan kain organza secara mendatar di atas papan setrika kamu, pastikan area yang berkerut menghadap ke atas. Letakkan kain press yang lembab di atas bagian yang kusut. Menggunakan kain press organza sutra sangat ideal, karena memungkinkan kamu untuk memantau kemajuan sekaligus melindungi kain halus di bawahnya.

Untuk memastikan bahwa lapisan-lapisannya tidak menyatu di bawah panas, sangat penting untuk menguji proses pengepresan pada potongan kain.

Langkah 3:

Gerakkan setrika bolak-balik di atas kain yang sudah dipres, dengan memberikan tekanan yang lembut. Ulangi gerakan ini pada arah dari sisi ke sisi. Angkat salah satu sudut kain pres secara berkala untuk mengecek, apakah kerutan sudah mulai memudar.

Langkah 4:

Selanjutnya, angkat kain pres dan letakkan di atas bagian berikutnya yang berkerut. Ulangi proses ini untuk setiap area yang berkerut, dan jaga agar kain pres tetap lembap seperlunya.

Jika kamu berurusan dengan kerutan yang sangat dalam, bersiaplah untuk meluangkan lebih banyak waktu dan tenaga, karena mungkin diperlukan beberapa kali pengulangan untuk menghilangkan kerutan sepenuhnya.

Nah, itu dia tips cara menyetrika kain organza yang benar, semoga bermanfaat!

Baca Juga: Benar atau Salah: Haruskah Saya Menjemur dan Menyetrika Jeans Saya?