Panduan Lengkap Cara Memilih Jaket Kulit Yang Bagus

Kita semua mungkin sudah mengenal dengan yang namanya jaket kulit. Jaket yang identik dengan pengendara motor gede ini memiliki desain yang kokoh dan juga manly. Buat kamu yang berencana untuk membeli jaket, kamu mungkin bisa cek panduan lengkap kami mengenai cara memilih jaket kulit yang bagus berikut ini!

Mengapa Kamu Harus Memilih Jaket Kulit?

  1. Jaket dengan bahan kulit lebih tahan lama. Jaket kulit berkualitas tinggi dapat bertahan selama beberapa dekade, dan jika kamu merawat jaket kulit dengan baik, maka jaket tersebut dapat bertahan lebih lama lagi. Dan meskipun jaket atau mantel kulit memiliki harga yang luar biasa mahal, jika dilihat dari sudut pandang usianya, harganya mungkin lebih murah daripada pakaian lain di lemari Anda.

  2. Jaket kulit dapat melindungi kamu. Kulit telah lama menjadi pilihan utama para pengendara sepeda motor karena ketangguhannya layaknya kulit kedua kita. Jaket yang terbuat dari bahan kulit juga dapat memberikan perlindungan terhadap terpaan angin dan sangat tahan air.

  3. Jaket kulit tidak akan lekang oleh waktu. Industri fashion mungkin akan berubah, namun jaket kulit akan tetap terlihat keren tidak peduli dalam musim apa kamu memakainya. Sama awetnya dengan bahan kulit, bahan ini juga tahan lama sehingga jaket kulit kamu tidak akan pernah ketinggalan zaman.

Apa Jenis Bahan Kulit Terbaik Untuk Pembuatan Jaket?

  1. Kulit sapi adalah salah satu bahan kulit terbaik yang sering digunakan untuk pembuatan jaket kulit. Kulit ini tangguh dan tahan lama, oleh karena itu umumnya bahan kulit ini lebih banyak diapakai untuk produksi pakaian luar yang lebih praktis.

  2. Kulit rusa memiliki karakteristik lebih ringan, biasanya berwarna kuning atau oranye, dan lebih cocok untuk digunakan pada jaket musim hangat. Jaket kulit rusa tidak tahan terhadap kerusakan seperti bahan kulit tebal lainnya, tetapi tetap tahan lama dan dapat meregang dengan baik.

  3. Kulit kambing lebih ringan daripada kulit rusa, tahan lama, dan memiliki penampilan berkerikil yang khas.

  4. Kulit domba adalah kulit yang paling lembut, paling halus, dan paling mewah, tetapi tidak tahan lama seperti yang jenis kulit lainnya. Bahan ini juga cukup populer untuk pembuatan jaket. Namun, karena kulit mentahnya lebih kecil, maka dibutuhkan lebih banyak kulit untuk membuat satu jaket sehingga harganya bisa sangat mahal.

  5. Kulit anak sapi merupakan perpaduan yang bagus antara kulit sapi dan kulit domba, karena memiliki kelembutan seperti kulit domba dan daya tahan seperti kulit sapi dewasa.

Cara Mengenali Kualitas Jaket Kulit

Saat akan membeli jaket kulit atau ingin membuat jaket kulit custom, maka kamu harus mengenali kualitas dari jaket kulit. Berikut adalah beberapa pertimbangan yang bisa kamu terapkan!

  1. Pilih jaket kulit dengan grade terbaik. Ini adalah faktor tunggal terbesar dalam menentukan harga jaket kulit. Full grain leather mengacu pada kulit yang terbuat dari seluruh kulit hewan, termasuk lapisan luar kulit, tidak diubah dan mempertahankan pola kulit alami hewan. Kulit ini juga menunjukkan ketidakteraturan alami - radang, bekas luka, dan noda - yang terjadi selama masa hidup hewan tersebut. Inilah yang membuat kulit full grain begitu mahal. Kamu bisa baca penjelasan lebih lengkap mengenai tingkatan jenis bahan kulit disini!

  2. Top grain leather juga bisa menjadi alternatif paling baik untuk jaket kulit. Kulit luarnya dipisahkan dari lapisan bawah kulit full grain dan dihaluskan untuk menciptakan permukaan yang rata. Hal ini menghasilkan kulit yang lebih tipis, lebih lentur, dan bisa dibilang lebih nyaman.

  3. Periksa konstruksi jahitan jaket kulit yang akan kamu beli. Jahitan yang terlihat pada bagian atas atau sisi kanan jaket. Jahitan yang indah dapat menjadi pembeda jaket kulit yang luar biasa dari jaket kulit yang lebih murah.

  4. Cek lubang lengan. Cari lengan baju yang dipasang lebih tinggi pada jaket kulit. Hal ini memungkinkan kemudahan pergerakan dan kesesuaian keseluruhan yang lebih baik. Lubang lengan yang ditempatkan lebih jauh ke bawah pada jaket akan membatasi gerakan lengan.

  5. Cek kualitas ritsleting jaket kulit yang akan kamu beli. Jaket kulit yang bagus sudah tentu akan menggunakan ritsleting yang bagus pula. Ritsleting yang bagus sudah tentu harus tahan karat dan juga tidak mudah macet.

Catatan Penting:

Perlu kamu ingat bahwa pada dasarnya jaket kulit merupakan pakaian kasual. Sehingga jaket kulit tidak akan berfungsi pada setiap situasi. Kecuali lingkungan kerja anda meperbolehkan pakaian kasual, jaket kulit tidak akan pernah cocok sebagai pakaian kerja serta terlihat jelas tidak pada tempatnya di ruang rapat.

Kamu mungkin masih bisa mengenakan jaket kulit dengan model bomber yang dipasangkan dengan kemeja, celana panjang, sepatu kulit hitam untuk lingkungan kerja yang kasual. Tetap gunakan bahan kulit berwarna coklat atau hitam, karena inilah warna yang paling aman. Dan ingat aturan praktis ini: semakin banyak hiasan pada jaket maka semakin kasual jaket tersebut.

Artikel Terkait: Merek Jaket Windbreaker Terbaik Saat Ini