Teknik Cuffing Style Untuk Tampilan Jeans Yang Keren

Kamu mungkin sering melipat baju atau celana kamu, Nah tahukah kamu kalau style melipat baju atau cuffing style ini bisa kamu coba untuk mengupgrade penampilan kamu?

Pada kesempatan kali ini kita bakalan membahas bagaimana teknik cuffing yang baik untuk membuat penampilan celana jeans makin keren.

Apa Itu Cuffing?

Cuffing adalah istilah yang merujuk pada cara melipat celana jeans kamu agar nampak lebih serasi. Biasanya cuffing pada jeans bertujuan untuk memendekkan bagian bawah celana agar tidak kepanjangan sehingga kamu tidak perlu untuk memotonganya.

Saat ini, cuffing sering dilakukan bukan hanya untuk memanipulasi panjang celana, melainkan juga untuk mendapatkan efek-efek yang dianggap bagus. Cuffing juga bisa digunakan untuk menunjukkan konstruksi selvedge denim atau hem yang khas.

4 Alasan Melakukan Cuffing Pada Celana Jeans Kamu

1. Untuk Memamerkan Kaki Dan Kaus Kaki

Kaus kaki dan sepatu bisa menjadi fashion statement tersendiri, dan manset memberikan fokus yang lebih besar pada alas kaki Anda. Kamu bisa menggulung jeans ke atas sekali atau dua kali untuk memamerkan kaus kaki kamu yang unik, sepatu bot Chelsea, sepasang sepatu kets favorit, atau jenis alas kaki lainnya.

Kamu juga bisa melipat bagian bawah jeans kamu untuk menunjukkan betapa indah dan jenjangnya kaki kamu.

2. Untuk Membuat Tampilan Yang Lebih Ramping

Cuffing bisa membantu memberikan definisi yang lebih baik untuk kaki kamu, terutama untuk tipe straight leg jeans. Kamu bisa coba lakukan double cuffing untuk meniru tampilan slim fit

3. Memaksimalkan Kenyamanan

Salah satu masalah klasik ketika kamu menggunakan jeans baggy yang longgar adalah kamu bisa saja tersandung karena bahannya. Untuk itu cuffing style adalah solusi cerdas untuk membuatmu tetap nyaman bergerak dengan jeans denim kamu.

4. Melindungi Celana Jeans Kamu

kalau kamu berjalan di pantai atau rumput dan tidak ingin celan jeans denim kamu yang bagus menjadi kotor, maka kamu bisa menggulungnya. Dengan menggulung celana jeans kamu kamu juga dapat menjaga bagian bawah jeans kamu tetap awet dan mencegah benang berjumbai akibat gesekan dengan tanah.

Jenis Jenis Cuffing

Single Cuffing

Single Cuffing Style Pada Celana Jeans

Single cuffing adalah teknik paling umum dan paling dasar dari semua jenis cuffing. Caranya adalah dengan melipat celana sebanyak satu kali ke arah luar. Tinggi cuff dapat kamu atur sesuai selera menyesuaikan sepatu yang kamu gunakan.

Teknik single cuff ini cocok banget diterapkan untuk hampir semua jenis sepatu. Single Cuff dengan tinggi yang panjang sangat cocok unutuk dikenakan pada jenis sepatu high-cut untuk mendapatkan efek vintage.

Double Cuff

Double Cuff Style Celana Jeans

Double cuff adalah teknik lanjutan dari single cuff yang sudah kita bahas sebelumnya. Umumnya double cuff dilakukan apabila kita belum mendapatkan panjang celana yang pas dengan single cuff, lipatan dilakukan sekali lagi ke arah luar untuk menutupi lipatan pertama.

Perbedaan antara single cuff dengan double cuff adalah tampilannya yang berbeda. Pada single cuff kamu masih bisa melihat hem-line beserta warna benangnya. Sementara pada double cuff, warna benang dan hem line akan tertutup oleh lipatan kedua.

Selanjutnya yang perlu kamu perhatikan adalah karena lipatan yang dilakukan 2 kali maka tebal celana jeans pada bagian cuff juga ikut berpengaruh. Apalagi jika celana jeans yang kamu pakai merupakan celana jeans tebal (di atas 16 Oz).

Pinroll / Roll Cuff

Pin roll adalah cuffing style sederhana yang cocok diterapkan pada celana yang lebih ramping. Cuf seperti ini sengaja dilakukan dengan menggulung celana agak berantakan, hal ini untuk menghasilkan efek seperti sebuah gulungan ketimbang lipatan.

Roll cuff sangat cocok dipakai untuk memberi kesan santai. Gaya ini juga sangat serasi untuk mendapatkan efek high-water pada celana jeans kamu. Roll cuf bakalan terlihat sempurna dengan paduan low-cut dan low-profile footwear seperti boat shoes dan slip-on loafer.

Trouser Cuff

Metode yang jarang dipakai. Metode ini sebetulnya sudah ada sejak dulu ketika orang-orang menginginkan tampilan jeans yang mirip dengan formal trouser dengan cuff pada bagian bawah.

Pada celana jeans, saat kita melakukan cuffing, bagian dalam jeans akan telihat berbeda dengan bagian luarnya. hal ini karena pada bagian weft pada jeans mendominasi pada bagian dalam jeans.

Trouser cuff akan membuat tampilan celana jeans yang mirip dengan cuff pada celana formal, tentunya cuff memiliki warna yang terlihat sama dengan bagian luar jeans.

Faux Cuff

Teknix Faux Cuff Pada Celana Jeans

Faux Cuff ini mirip dengan single cuff, nmaun metode ini lebih menonjilkan selvedge line dan jahitan rantai pada bagian dalam jeans kalian. Faux cuff ini biasanya memiliki lipatan diatas mata kaki karena proses lipatan dilakukan dua kali. Metode ini digunakan pada celana jeans yang terlalu panjang, namun ingin mendapatkan efek layaknya singel cuff.

Caranya adalah dengan melipat celana jeans dengan medium single cuff, kemudian untuk lipatan kedua kamu taruh akhir lipatan tepat di bawah hemming chainstitch celana jeans kalian.

Fakta Lain Seputar Cuffing Yang Harus Kamu Tahu

Cuffing Style Tips

Banyak yang percaya kalau kita melakukan cuffing, maka ini akan memperlambat proses fading atau ropping effect pada bagian hem-line. Padahal sebenarnya roping efect ini bisa terjadi karena berbagai faktor seperti kombinasi tension dan tarikan mesin jahit, reaksi bahan terhadap air. Jadi tidak perlu khawatir untuk melakukan cuffing, karena roping effect pada hem tetap akan terjadi secara alami.

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, cuffing dapat membuat kaki kamu terlihat pendek. Untuk it sebaiknya cuffing dilakukan dengan hati hati agar kaki kamu tidak terlihat pendek.

Kami sarankan jangan melakukan cuffing secara berlebihan seperti triple cuff atau bahkan quadruple cuff karena dapat memberikan efek yang jelek untuk keseluruhan penampilan kamu. Melakukan cuffing terlalu banyak dapat memberi efek tebal pada bagian bawah celana jeans kamu. Yang pada akhirnya membuatmu terlihat seperti membawa gelang kaki yang besar.

Kamu juga harus menyesuaikan metode cuff dengan bentuk dan postur tubuh anda. Beberapa metode cuffing dapat terlihat aneh jika kamu padukan dengan outfit tertentu. Jadi kamu harus pandai bereksperimen dalam menggunakan cuffing dan memadu padankan dengan outfit yang ada!

Akhir Kata…

Oke dari penjelasan tadi kami harap kamu lebih mengerti mengenai apa itu cuffing dan bagaimana membuat celana jeansmu terlihat menarik dengan teknik lipatan ini.

Baca Juga: Mengenal Denim Jepang: Salah Satu Denim Terbaik Di Dunia